Selasa, 03 November 2009

UGM, Susah Masuk, Susah Keluar? BuNteT Kali Ya??!!

Mungkin kaliamat itu adalah gambaran dari perjalanan hidupku di UGM. UGM, Universitas tertua di Jogja ini emang SANGAT FENOMENAL bagiku! Bener-bener mengukir sejarah dalam hidupku!
Masuk UGM, sebenarnya bukan impianku. Karena sejak SMU prestasiku biasa saja, walaupun aku sempat masuk SMU NEGERI 2, SMU no 4 dengan rating nilai terbaik zaman tahun 2001. Bersyukur masuk UGM? Pastilah! Banyak yang ngincer pengen jadi mahasiswa UGM, dan aku bisa jadi salah satunya.
Waktu itu, pendaftaran UM UGM bisa dilakukan di sekolah. Banyak teman sebayaku yang semangat 45 membeli form UM UGM. Aku sama sekali ngga berminat. Lebih tepatnya, NGGA PUNYA NYALI! Pasti aku bakal kalah dengan teman-temanku yang lebih pandai. Secara aku yo ra patek pinter. Tapi dukungan dari ayah dan ibuku, serta teman-teman dekatku, membuatku berubah pikiran. AKU HARUS IKUT UM UGM. Akhirnya di hari terakhir pendaftaran, berbekal uang 150.000 nek ngga salah, aku mendaftar UM UGM jurusan IPA.
Formulir pendaftaran cuma aku pelototin aja. Ngga diisi atau apa. Sampai keesokan harinya, di kelas IPA 2, anak-anak pada sibuk. Ngga ada jam ke enol. Yang ada cuma teman-temanku mbunderi kertas alias ngisi form UM UGM. Pada heboh! Mau isi SPMA berapa wat daftar UGM? Ada yang nulis 5 juta, 10 juta, enatah, ada ngga yang ngisi 5 juta. Wah, ngeri! Hal ini juga yang bikin aku malas wat kuliah. MAHAL!
Karena teman-teman pada ngumpilih hari ini dan hari ini libur wat kasih kesempatan kita daftar UM, akhirnya aku ditemani sahabatku, DEWI, pulang ke rumahku, ambil form UM UGM dan mengisinya. Payah dot com to? Liane dah pada numpuk, aku lagi ngisi! Payahe meneh, aku ngga tau mau masuk fakultas apa? Akhirnya dengan melihat daftar fakultas dan jurusan yang ada di petunjuk daftar UM, akhirnya aku pilih OBAT ALAMI, GIZI, dan PENYULUHAN KOMUNIKASI PERTANIAN. Ini murni ibuku yang bantu pilihin.
Sampai GRAHA SABHA, temen-temenku dah pada pulang dan ketika sampai LOKET, ternyata TUTUP. ISTIRAHAT! ha..ha..ha..akhire cuma cengah-cengoh ma Dewi! LAPAR! Nungu sejam, akhire langsung SERBU tu LOKET! Waktu liat aplikasiku, Bapak penjaga itu protes, KENAPA SPMAku NOL? Ya dengan enteng aku jawab, Q GA DUE DUIT, PAK! Nek mlebu ya syukur, ngga ya uwis. Lagi pula banyak teman yang dah ngisi jutaan, jadi aku ngga bayar juga UGM tetep sugih. SUBSIDI SILANG, Pak! Itu jawabanku yang masih aku ingat sampai kapan pun!
Ngga dinyana-nyana, ternyata aku diterima. Di Prodi PENYULUHAN dan KOMUNIKASI PERTANIAN, Jurusan SOSIAL EKONOMI PERTANIAN UGM. ha..ha..ha..ORTUKU seneng banget absoluteLy! Aku juga seh! ha..ha..ha..ngga pernah ngimpi pokoke! Rejeki tenan menurutku! MASUK UGM SPMA NOL RUPIAH, jadi bapakku ngga perlu ngutang cari 5 juta rupiah wat sumbangan.
Eh, ternyata rejekiku ngga berhenti di sana, aku terdaftar jadi salah satu penerima beasiswa BBM. 4 tahun aku dapat tambahan uang tabungan dari beasiswa BBM. Uang tabungan karena aku ngga pernah pakai uangku wat jajan, tapi wat ditabung! ha..ha..ha..lumayan, ,!
Tapi setelah 5 tahun terdaftar jadi mahasiswa UGM, aku ngga juga dikasih rejeki lulus. Bukan salah UGM atau apa, tapi itu aku yang sengaja membuatnya. Skripsi kok rasanya aras-arasen arep nggarap! Tapi lihatlah kawan. Aku akan keluar dari UGM dalam tahun-tahun ini. Sekarang aku masih menikmati menyandang gelar MAHASISWA UGM. Doakan yang terbaik wat ku aja dah!

3 komentar:

nisa13 mengatakan...

wah hebat dong bisa kuliah di ugm.....

pgn aku juga kuliah di ugm,

oh ia mudah"an kk lulus taun ini iaa....

semangatttt !!!!!!

angie cjan mengatakan...

hehehe..berkat doamu aku lulus juga,nis tanggal 17 JANUARI 2011 dari FAKULTAS PERTANIAN UGM.. hehe

ve mengatakan...

smgt kak!!! kak, apa bener bnyak mahasiswa yang susah keluar dari ugm? bls kak, please