Senin, 11 Januari 2010

HUKUM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA

Hidup ini memang penuh dengan keanekaragaman. Allah menciptakan manusia ke dalam laki-laki dan perempuan, dari laki-laki dan perempuan itu memiliki muka yang bermacam-macam, hampir tidak ada satu pun manusia di dunia ini yang persis sama. Pasti ada bagian yang beda walaupun sedikit sekali bedanya. Subhanallah, ada berapa jumlah manusia, kok bisa ngga ada satu pun yang sama persis..

Keanekaragaman itu membuat manusia mengelompok sesuai dengan hal apa yang mereka yakini, yang mereka senangi, yang dekat di sekitar tempat tinggal mereka. Termasuk agama. Setiap orang bebas memilih agama yang sesuai dengan keyakinan mereka. Tapi bagi kita, agama yg paling benar di sisi Allah hanyalah Agama Islam.

Islam tidak pernah melarang kita bergaul dengan teman-teman non muslim, tetapi ada batasan ketika kita menjalankan ibadah habluminannas kita dengan mereka. Sedekat-dekat apa pun kita dengan teman-teman non muslim, ternyata kita diharamkan untuk mengucapkan selamat hari raya kepada mereka loh! Kenapa? Karena dengan kita mengucapkan selamat itu, secara sadar kita berarti telah mengakui akidah mereka,ada agama lain selain agama Islam.

jadi kita diwajibkan menjalin hubungan baik dengan teman-teman non muslim, tetapi jika masalah akidah, jangan pernah sekali-kali mencampur adukannya. Karena dalam surat Al Kafirun dijelaskan UNTUKMU AGAMAMU, UNTUKKU AGAMAKU. So, hati-hati ya kalau bergaul.

Tidak ada komentar: