Follow by Email

Senin, 12 Desember 2011

KESENIAN TRADISIONAL KHAS KULON PROGO


ANGGUK PUTRI
Angguk putrid adalah tari tradisional rakyat yang dimainkan secara berkelompok dengan mengambil cerita Umarmoyo-Umarmadi dan Wong Agung Jayengrono yang diambil dari Serat Ambiya. Tari angguk dimainkan oleh gadis remaja dengan kreasi dan inovasi tari yang baru.

OGLEK
Tarian ini pada umumnya dimainkan secara berkelompok di panggung terbuka dengan durasi 1-2 jam. Biasanya dalam tarian ini ada penari yang mengalami kesurupan dalam setiap pementasannya.

INCLING
Tarian ini mengangkat tema cerita Panji, dimainkan oleh 15-17 penari dengan durasi pementasan 3-4 jam. Semua penarinya laki-laki, namun ada yang berperan sebagai wanita.

LENGGER TOPENG
Lengger topeng adalah tari persaudaraan yang terinspirasi dari sejarah Kediri. Tarian ini agak mirip dengan Tarian Tayub, namun para penarinya memakai topeng dalam penampulannya.

JABUR
Jabur adalah salah satu kesenian tradisional Kulon Progo seperti Wayang Orang yang mengangkat cerita Menak, dimainkan tidak kurang dari 40 penari menggunakan pakaian Menak.

JATHILAN
Tarian ini dimainkan dalam kelompok yang dimainkan oleh 6 penari yang  menari secara dinamis yang digambarkan sebagai prajurit yang mengendarai kuda tiruan yang terbuat dari bamboo yang dinamakan “kuda lumping”.

KRUMPYUNG
Krumpyung adalah alat music khas dari kabupaten Kulon progo. Semua alat music terbuat dari bamboo. Alat music ini cukup unik karena mampu menghasilkan nada pelog dan slendro sebagaimana Gamelan Jawa.


Bagi Anda yang ingin menikmati pesona wisata di Kabupaten kulon Progo,
Guiding di Objek Wisata,  perjalanan yang menyenangkan, transportasi ke objek wisata, makan, hotel atau homestay, souvenir, oleh-oleh khas Kulon Progo, dll,
silakan menghubungi
Angie Chan (0877 3810 0286)

Tidak ada komentar: