Senin, 12 Desember 2011

Pesona Wisata Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia (DAFTAR OBJEK WISATA DI KULON PROGO)



Kabupaten Kulon Progo ternyata memiliki objek wisata yang tidak kalah menariknya dari tempat-tempat lain yang ada di Indonesia dan berpotensi untuk dijual sebagai tempat tujuan wisata. Diantara objek wisata yang ada di kULon ProGo adalah :
1.       PANTAI GLAGAH
Pantai Glagah adalah pantai dengan laguna yang indah dan terletak di muara Sungai Serang, Kecamatan Temon ± 40 km ke arah barat Jogjakarta dan 2 km dari jalan utama lintas selatan. Di pantai ini pengunjung dapat berperahu, memancing, olah raga kano, laying-langa, bola volley pantai, flying fox, dll. Selain itu di sana juga terdapat pertanian Lombok, semangka, serta agrowisata buah naga.

2.       PANTAI CONGOT
Pantai ini berada di Muara Sungai Bogowonto yang terletak di Desa Jangkaran, Temon ± 5 km ke arah barat Pantai Glagah. Di pantai ini pengunjung dapat memancing dan membeli ikan laut.

3.       PANTAI TRISIK
Di sini pengunjung dapat menikmati keindahan laut lepas, terbit dan tenggelamnya matahari dan mengunjungi petilasan Sri Paduka Paku Alam V. Selain itu, pengunjung dapat membeli ikan segar di TPI. Pantai Trisik terletak di Desa Benaran, Kecamatan Galur, ± 30 km dari Jogjakarta.

4.       WADUK SERMO
Waduk Sermo yang berkelok-kelok dengan latar belakang hutan dan perbukitan yang hijau merupakan daya tarik tersendiri. Pengunjung dapat menikmati panorama waduk dengan menggunakan motor (mengelilingi lewat jalan darat atau menggunakan perahu motor yang sudah tersedia di sana. Waduk seluas 157 ha ini terletak di HARGOWILIS, KOKAP, Kulon Progo ± 36 km kea rah barat dari Jogja dan 6 km dari Wates.

5.       PUSAT PENYELAMATAN SATWA JOGJA (PPSJ)
PPSJ terletak di Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kulon Progo. Di tempat ini pengunjung dapat melihat dan memberi makan satwa yang dilindungi secara langsung. Satwa di sini dilatih untuk dapat kembali ke habitatnya sehingga tempat ini sangat cocok untuk wisata pendidikan. Pengunjung juga dapat melakukan wisata alam atau petualang dan outbond. Juga tersedia fasilitas penginapan (homestay) dengan suasana alam. Untuk dapat berkunjung ke PPSJ ini harus dilakukan secara kelompok dan menyewa pemandu yang telah disediakan oleh pihak PPSJ.

6.       PEMANDIAN CLERENG
Pemandian Clereng merupakan sumber mata air yang berada di lingkungan perbukitan dan digunakan untuk kolam renang, air minum, dan pertanian. Pemandian ini terletak di Sendangsari, Pengasih ± 5 km utara Wates dan ± 30 km dari Jogja. Pengunjung yang ingin datang ke sini diharapkan dapat membawa pakaian renang karena di pemandian ini pengunjung dapat merasakan sejuknya air pegunungan. Di sini pengunjung juga dapat melakukan napak tilas Sunan Kali Jaga. Untuk dapat masuk ke sini pengunjung hanya membayar tiker masuk sebesar Rp 4000,00 saja.

7.       SENDANGSONO
Sendangsono merupakan tempat ziarah bagi pemeluk agama Katholik Roma. Tempat ini merupakan Lourdess yang ada di Indonesia dan ramai dikunjungi pada bulan Mei dan Oktober. Lokasi ini terletak di Perbukitan Banjaroyo, Kalibawang ± 40 km dari Jogja, 37 km dari Wates.

8.       TAMAN AIR ANCOL
Taman Air Ancol merupakan Sungai Progo yang berasrsitektur Belanda dan mer upakan hulu Selokan Mataram yang ada di Jogjakarta. Lokasi objek ini terletak di Banjaroyo, Kalibawang 37 km dari Jogja dan 40 km dari Wates.

9.       PUNCAK SUROLOYO
Suroloyo merupakan puncak tertinggi di Kulon Progo dengan dua puncak, yaitu Suroloyo dan Sariloyo. Dari Suroloyo, kea rah utara pengunjung dapat melihat kemegahan Candi Borobudur dan ke arah selatan dapat melihat Kota Jogjakarta dan Pantai Selatan. Suasana alami dan sejuk di ketinggian 900 di atas permukaan laut ini terletak di Samigaluh, perbatasan Kulon Progo dengan Magelang ± 50 km dari Jogja dan Wates. Di objek wisata ini juga terdapat sebuah sendang yang dinamakan sendang Kawidodaren. Menurut  mitos setempat, siapapun yang membasuh muka di sendang tersebut akan kelihatan berseri-seri dan awet muda.

10.   DESA WISATA NGLINGGO
Dari puncak Suroloyo, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan wisata ke Desa Nglinggo yang tidak kalah mempesona. Di desa wisata ini para wisatawan dapat menikmati sejuknya alam pegunungan dan hijaunya hamparan kebun the. Bagi wisatawan yang berminat bermalam di desa ini dapat menginap di villa maupun homestay dengan nuansa alami.

11.   GOA KISKENDO
Goa ini mempunyai variasi ornament stalagtit dan stalagmite yang dilatarbelakangi pertemuan Sugriwa-Subali melawan Mahesasura-Lembusura. Legenda ini digambarkan dalam relief di samping mulut goa. Goa ala mini terletak di perbukitan Menoreh, Desa Jatimulyo, Girimulyo ± 38 km kea rah barat dari Jogja dan ± 20 km ke utara dari Wates.

12.   MAKAN PAHLAWAN NASIONAL NYI AGENG SERANG
Nyi Ageng Serang merupakan Pahlawan Nasional wanita yang berjuang melawan penjajah Belanda pada masa Perang Diponegoro. Makam ini terletak di atas bukit di Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, berjarak ± 30 km dari kota Jogjakarta.

13.   MAKAN GIRIGONDO
Makam ini terletak di atas perbukitan Menoreh di Desa Kaligintung, Kecamatan Temon, ± 10 km dari Kota Wates. Tempat ini merupakan pemakaman kerabat Puro Pakualaman.

Bagi Anda yang ingin menikmati pesona wisata di Kabupaten kulon Progo,
Guiding di Objek Wisata,  perjalanan yang menyenangkan, transportasi ke objek wisata, makan, hotel atau homestay, souvenir, oleh-oleh khas Kulon Progo, dll,
silakan menghubungi
Angie Chan (0877 3810 0286)







Tidak ada komentar: