Senin, 12 Desember 2011

UPACARA ADAT KHAS KULON PROGO



JAMASAN PUSAKA
Upacara tradisional ini dilaksanakan setiap tahun pada tanggal pertama Kalender Jawa di Puncak Suroloyo, Samigaluh. Ada dua pusaka yang ‘dijamasi’ (dicuci), yaitu Tombak Kyai Manggolo Murti dan Songsong Kyai Manggolo Dewo yang keduanya merupakan pemberian dari Kasultanan Yogyakarta.

SADRANAN KI GONOTIRTO
Upacara adat ini dilaksanakan di Petilasan Ki Gonotirto yang terletak di Desa Hargotirto, Kokap, Kulon Progo. Diselenggarakan pada malam jumat kliwon atau selasa kliwon pada bulan besar. Upacara ini diadakan sebagai wahana upacara syukur kehadirat Tuhan dan sebagai media pengharapan akan keselamatan Desa Hargotirto dari segala marabahaya, melalui proses upacara dengan penyembelihan kambing dalam jumlah yang banyak.

SARAPAN KALIBUKO
Upacara tradisional ini dilaksanakan setiap Malam Jumat Kliwon atau selasa kliwon pada bulan Sapar yang dilaksanakan di desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kulon Progo. Upacara ini dilaksanakan sebagai wahana pengharapan akan keselamatan Desa Kalirejo dari bencana yang berwujud apapun. Upacara adat ini berdasar pada legenda yang dihubung-hubungkan dengan perjalanan dakwah sunan Kalijaga.

BERSIH DESA TARUBAN
Upacara bersih Desa Taruban dilatarbelakangi Legenda Jaka Tarub. Upacara dilaksanakan oleh warga Dusun Taruban, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo sebagai rasa syukur pada Tuhan YME akan hasil panen yang melimpah.

Bagi Anda yang ingin menikmati pesona wisata di Kabupaten kulon Progo,
Guiding di Objek Wisata,  perjalanan yang menyenangkan, transportasi ke objek wisata, makan, hotel atau homestay, souvenir, oleh-oleh khas Kulon Progo, dll,
silakan menghubungi
Angie Chan (0877 3810 0286)

Tidak ada komentar: