Minggu, 25 Januari 2009

CERITA KKN


KLATEN SELATAN NEVER ENDING KKN KOE

Tepat 1 Juli 2008 Aku dan segerombolan teman-temanku digabur dari Kampus ISIPOL UGM wat KKN di Klaten. .Special banget KKN kelompok kita. Setelah didepak KKN di Ancol, Kulon Progo, kita dapat tempat KKN di Klaten. Yang bikin special adalah, satu kecamatan diisi oleh 7 orang mahasiswa. Bisa dibayangkan? Satu unit, satu kecamatan. Ngga berasa banget geto kalo gue lagi KKN. Aku dan teman-temanku yang 6 dapat tempat di Kecamatan Klaten Selatan. Yang lain di mana? Mau tahu? Ada 4 kelompok, Kecamatan Prambanan, Kecamatan Kebon Arum, Kecamatan Klaten Tengah, dan Klaten Selatan. Dari keempat kelompok itu, hari H-1 yang belum fix dapat tempat mondok adalah Klaten Selatan. Bisa dibayangkan? Bagaimana perasaan kami? Mau tinggal dimana? Tempat mondok kita besok kaya apa? Mahal ngga biaya mondoknya? Sulit air ngga? Kamar mandinya gimana? Tempat tidurnya gimana? Sampai-sampai temanku ada yang ngga bisa tidur semalaman mikirin itu semua. Cape dah!
Yang terakhir belum tentu yang terburuk, ternyata Tuhan memberikan kami anugerah dan nikmat-Nya yang luar biasa kepada kami bertujuh. Kami dapat tempat mondok yang spektakuler. Kami mondok tempat Lurah Jetis, Klaten Selatan, Bu Yuniarti, rumahnya bagus, kamar mandi dalam, ada TV-nya, tempat tidur pakai spring bed, biaya hidup sesuai dengan bajet kami berapa. Ibu ngga pernah ngarani. TOP BGT pokoke! Bersyukur banget dah dapet tempat kaya begini. Hilang sudah cerita teman-teman tentang derita KKN. Seminggu berjalan, KKN diisi dengan nonton TV, main PS, main poker, dan shoping nang plaza Klaten, lihat orang mbojo nang aLun-aLun kLaten, badminton, sepak bola, dan mubeng desa serta nglewati pematang sawah di pagi hari. Ngga penting banget. Seminggu pertama ngga ada yang ingat rencana buat program. Nothing! Bosen sih, tapi gimana lagi, ngga boleh mulih je. .akhirnya dibetah-betahke wae di sana. .Kangen ma Jogja. .Kangen ma orang-orang Jogja. .home sicK pokoke!
Setelah beberapa minggu baru dah akhirnya kita sadar dan mulai mikir program. Macem-macem dah program kita. Pokoke walau kita hobine dolanan, tapi kita konsekuen dengan tugas. Rata-rata per anak punya program lebih dari enam program. Mantap kan? Dana yang dibutuhkan wat program juga sangat ngirit, masalahe aku bendaharanya. .Mau belajar menghemat anggaran? Bisa, ,bisa, ,he. .he. .he. .
Sebulan pertama di tempat KKN kita seperti turis di sana. WHY? Karena kita kurang srawung dengan masyarakat sekitar kampung. Dan kita akhirnya tersadar, bahwa inti dari KKN adalah pengabdian kepada masyarakat, bukan hanya sekedar sarana penggemukan badan dan hura-hura. Akhirnya momen yang tepat, yaitu 17 Agustus menjadi ajang kita unjuk gigi di depan masyarakat RW 3 Dusun Nglampeng Kelurahan Jetis Klaten Selatan. Desa yang selama ini kita tinggali dan sedikit kita lupakan karena kesibukan kita mikir program. Bersama pemuda pemudi RAS RW 3 Nglampeng kita berusaha menyajikan acara 17 Agustus yang beda di dusun tersebut. Keseringan rapat menjelang HUT RI membuat intensitas ketemu dengan pemuda pemudi RAS RW 3 semakin sering dan membuat kita saling mengenal. DEKAT! Canda, tawa, gembira, duka, melebur jadi satu bersama karena kekompakan anak KKN dan RAS RW 3. Samapi-sampai aku juga ngga tahu kenapa diriku yang manis dan imut itu disamakan dengan putri ketua RW, AZIZAH. Emang aku mirip ya ma beliau? Ngga deh. .Salah lihat mungkin x-an?
Masih ingat dalam ingatanku ketika kita sama-sama bersih-bersih makam dan sok-sokan do nggaya ngecet, he. .he. .he.. PAWAI keliling kota Klaten, Aduh, jadi ngga enak ada anak-anak yang iseng waktu gue jalan di Depannya. Dikira mereka gue Dian Sastro kali ya???kerja bakti setiap Jumat dan dipanggil dengan suara batu ditutukke at tiang listrik yang bikin telinga peng-pengan. Jumat bersih geto loh! Jangan lupa kalau dah jadi bapak ibu kita lestarikan di desa kita acara jumat bersih yaw! he. .he. .Event ngumbah kloso nang kali, renang nang kolam palsu, jero, nganggo ban, ,Acara gerak jalan yang bikin Hana “mambu” jadi cinLok ma mas D. .takut ah nyebutnya! Bagi-bagi doorprize kok cah KKN dapat semua? Apa lagi ya?
Pit-pitan mubeng desa pake sepeda (masa pake mobil balap) ma Jeng Ndut Nony Rany..Non, “Dandan bareng yuk!” he. .he. .Tukang ngentutan, Sopo hayo?? PIKET??? apa lagi ya? Banyak dah. .Kenangan di Klaten begitu banyak capek kalau harus ditulis semua.. Biarlah tersimpan dalam hati sanubari kita masing-masing dan jadikan ini sebagai sebuah kisah klasik untuk masa depan. Memori di antara kita sangat indah. Aku terkesan dah! Kalo lagi sendiri kadang inget saat-saat kita masih bersama, Teman-temanku semua!

Salam hangat untuk Non Rany, Tante Hana Merona, Pakde Advis, Pakde Bitha, Babe Marube, Pakde Afif, aku masih ingat malam itu, kita bergelap-gelap ria dan saling cerita tentang harum dan busuknya teman-teman kita. Kapan-kapan lagi ya? Buat cah-cah Nglampeng yang ngga bisa urut disebutkan atu-atu, Mbak Widi yang bahenol (beli pin 1000? Silakan muter-muter jogja mpe tepos kalo nemu yang bagus seperti kalau bikin punyaku), Mas Untung (sekarang ngga mau bales SMS-ku, mutung po ngga jadi bisnis hidrogel? Masalahe barange langka sekarang. Aku ngga nemu distributor yang murah), Mas Andi (Piye, sido dodol pulsa ora? Kok sibuk wae nang Gereja. Natalan dah lewat, Mas! Keramike jadi ngga?), Depri si banci kamera, hobi nampang dan senengane moyoki aku! Hu. .u. . ibu-ibu biang gosip Cuk Mini, Endah, Yani, Wanti, Ayu, Sari adik-adikku yang banyak membantu sebagai mata-mata. .he9x, ,Aprex yang sok guenteng, emang pacarmu seapikan itu? Mau-maunya kasih pulsa kamu. .Lodong, Wahyu, Mas Kris, Mas Ari, Mas Hari, Bu Bangun (Gimana, Bu? Hidrogelnya udah dibuat belum? Kapan mesen lagi), ibu-ku Bu Pancar dan Papa Gi, “Azizah kangen. .” he. .he. .?Bu Kirmadi, Bu Sri Panjang Lestari, Galih, Bu Lurah, Pak Lurah, Yu Dal yang sering nraktir aku. .he. .he. .Mbak Feni (makasih dah dikasih kesempatan ikut SLPHT at NGALAS, kapan menikah?), Bu Mur (Ibu PPL Klaten Selatan yang sangat gigih, semoga sehat selalu, makasih waktunya untuk sharing dengan saya siang itu), Pak Lurah Merbung, Pak Andi, atas kesediannya membantu meminjamkan dan menyiapkan KK Merbung, Bu Endang juga. .Makasih Banget, Bu! Fotonya masih tak simpan loh, Pak Nglinggi yang sumpah, Anda mirip sekali dengan ayah sahabat saya, makanya waktu itu saya beranikan diri bertanya pada Bapak. .Pak Camat Klaten Selatan dan Pak SIP Anwar (keramik dari kita bagus kan? Pesen di tempatku aja, Pak, 0815 7870 2640), Pak Mul dan keluarga (makasih bantuannya dah mau diwawancara dan memperbolehkan kita mengganggu dalam pembuatan karak nasi..dah boleh nyicipi juga..semoga Mufid mau melestarikan karak nasi pak Mul, Plastiknya diperbanyak saja, Pak biar Karak Nasi Pak Mul bisa dikenal seantero negri, ngga cuma di Merbung),,syapa lagi? Pokoke semua dah yang pernah mengisi hari-hariku selama aku KKN di Klaten Selatan... Terima Kasih atas cinta kasih dan bantuannya, tanpa x-an aku dan teman-temanku ngga akan berarti ada di sana. Ngga akan selesai program KKN kita dan tak akan indah hari-hari kita selama di sana, sampai nanti semoga apa yang telah terjadi pada kita, nikmat persahabatan dan kekeluargaan akan selalu menuntun kita ke jalan yang benar. .he. .he. .Pokoke Kita seneng banget bisa mengenal kalian smUa. .Sekali Saudara selamanya saudara. .
With Love,


Angie Chan
Fakultas Pertanian UGM 2004

Tidak ada komentar: