Rabu, 03 Februari 2010

SEIMBANGKAN IBADAH KITA

Sebagai makhluk sosial, kita memang tidak bisa hidup sendirian. Kita sangat tergantung pada oranglain. Maka dari itu kita tidak boleh tinggi hati dan merendahkan orang lain. Kita harus menghormati mereka karena mereka sebenarnya saudara kita, sama-sama makhluk ciptaan Allah SWT.

Sebagai makhluk Allah SWT, kita wajib bertaqwa kepada Allah SWT. Taqwa kalau menurut pelajaran waktu SD itu adalah menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Sebagai umat Islam, Taqwa itu bisa dilakukan dengan cara rajin beribadah kepada Allah. Nah, yang namanya ibadah itu kan macem-macem. Ada yang sifatnya habluminallah (ibadah antara manusia dengan Allah, contoh : sholat 5 waktu, mengaji, haji, puasa) dan habluminannas (ibadah yang sifatnya lewat perantara manusia, contohnya: zakat, sedekah, infaq, menolong orang lain).

Makanya ketika ada manusia yang ia itu sangat rajin ibadahnya, begitu taatnya pada Allah, rajin sholat, ngaji, puasa, haji, tapi tidak pernah sedekah dan kalau sama tetangga kelakuannya menghina. apakah ia sudah dijamin masuk surga? Ternyata tidak!

Lantas, jika saya rajin sedekah dan berbuat baik pada orang lain, tapi jarang sholat, apakah saya diajamin surga?! Ternyata juga tidak.

Ada juga yang saking kayanya, hartanya melimpah ruah, kemudian ia bisa naik haji berkali-kali. Setiap tahun selalu naik haji, tapi di sisi lain ia memiliki tetangga yang sangat miskin. Makannya senin kamis (tapi bukan karena puasa loh, tapi karena ngga punya uang) dibiarkan saja olehnya. Apakah orang yang rajin naik haji ini juga akan dijamin surga?

Allah menginginkan umat Islam itu seimbang dalam mengerjakan ibadah yang sifatnya habluminallah dan habluminannas. Habluminallah taat, habluminannas pun dijalankan dengan baik.

Mari kita sama-sama berusaha meningkatkan ibadah kita agar senantiasa mendapat ridho Allah SWT. Yang habluminallahnya baik terus ditingkatkan, yang habluminallahnya baik tapi minannasny belum ya tetep ditingkatkan. Pokoke semoga tahun baru akan membuat kita menjadi hamba Allah yang semantiasa bertaqwa pada Allah SWT. Amin

Tidak ada komentar: